√ Cara Mengatasi Masalah Chrome Tidak Terbuka Sama Sekali

Cara Mengatasi Masalah Chrome Tidak Terbuka Sama Sekali
Saat berselancar di internet sering kali terdengar kata “searching” artinya mencari atau menjelajah di dunia internet. Untuk bisa menjelajah dan mencari informasi di internet maka dibutukan sebuah aplikasi yang dinamakan "Browser". 

Browser Adalah... 

Browser itu kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah sebuah aplikasi yang mampu dijalankan di perangkat komputer ataupun di perangkat android untuk menampilkan sebuah konten yang ada di internet.

Salah satu aplikasi browser yang sangat gampang dijumpai bahkan paling sering digunakan yakni google chrome. 

Google chrome menjadi aplikasi browsing yang paling sering digunakan oleh pengguna internet diseluruh dunia tentunya. 

Melalui google chrome aktifitas dalam mencari informasi atau berselancar di internet jadi cepat dan kondusif alasannya aplikasi ini merupakan buatan dari pengembangnya bernama Google LLC.

Kelebihan dari browser google chrome ini selain cepat dan aman ialah mampu mengelola situs yang tidak kondusif contohnya akan menerima peringatan bila situs yang dibuka mengandung virus, malware, situs berisi penipuan, situs berisi acara berbahaya, dan lain sebagainya serta bisa menjaga data dengan aman (histroy, bookmark, password) dan tersedia untuk semua perangkat apapun baik itu pc/komputer, android, iOS dan lain sebagainya.

Yang paling menarik dari browser Google Chrome satu ini yakni sudah otomatis terintegrasi dengan akun google mail (Gmail) yang kita miliki. 

Namun alasannya banyaknya jumlah pengguna google chrome, maka pasti pernah mengalami kejadian yang namanya error, misalnya aplikasi google chrome error sehingga tidak mampu dibuka sama sekali. 

Bahkan hingga muncul pesan sewaktu mengakses aplikasi google chrome yang isinya “Sayangnya Google Chrome telah berhenti”, Unfortunately Google Chrome has Stopped” atau bahkan google chrome tidak mampu saluran untuk browsing.

Sebenarnya, ada banyak penyebab aplikasi google chrome tidak bisa dibuka sama sekali salah satunya yaitu memori hape penuh dan terlalu banyaknya history yang menumpuk di hape android, sehingga mengakibatkan pesan error dari aplikasi google chrome tersebut. 

Untuk teman pengguna google chrome yang terganggu tidak mampu youtube, facebook atau twitter dari google chrome maka silakan simak isu penjelasan penyebab dan cara mengatasi google chrome error atau tidak bisa dibuka dibawah ini.

Sebab & Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

1. RAM Android Sudah Penuh

Biasanya untuk membuka sebuah aplikasi di android mirip google chrome diharapkan yang namanya memori yang berfungsi untuk memanggil dan menjalankan setiap aplikasi yang mau diakses secara langsung. Jika memori di hp terlalu kecil bahkan ada banyak aplikasi yang sedang dijalankan secara otomatis google chrome sulit untuk dibuka.

Maka untuk mengatasinya silakan matikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang sistem agar ram android tidak cepat penuh atau buang aplikasi yang tidak penting sehingga tidak memberatkan perangkat android dalam mengakses aplikasi terutama aplikasi google chrome satu ini.

2. File Cache Google Chrome Terlalu Besar

Aplikasi google chrome yang terpasang di android biasanya otomatis akan menyimpan sebuah data berupa file cache yang mana file ini menyimpan semua data-data aktifitas browsing sewaktu menjalankannya. Setiap file cache mempunyai ukuran file yang usang-kelamaan akan menumpuk bahkan akan menciptakan kinerja browser ini menjadi berat atau bahkan error.

Untuk mengatasinya, lakukan dengan membersihkan file cache agar aplikasi google chrome cepat dan ringan dibuka seperti dibawah ini.

Caranya yakni :
  • Silakan buka Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> dan cari “Google Chrome” >> dan tap “Hapus Cache

3. History Google Chrome Terlalu Banyak

Yang namanya history atau jejak browsing akan tersimpan selalu di aplikasi google chrome. Secara tidak sadar saat memakai google chrome akan banyak riwayat yang tersimpan, dan ini akan menciptakan history google chrome semakin lama akan semakin menumpuk, apalagi history yang tersimpan jikalau dibiarkan terus menerus mengakibatkan aplikasi google chrome menjadi lambat bahkan error atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Untuk mengatasinya cukup melakukan hapus history pencarian atau hapus data browsing.

Caranya ialah :
  • Silakan ke buka aplikasi Google Chrome >> dan Tap Kanan >> Riwayat >> Hapus Data Penjelajah >> dan terakhir silakan tap “Hapus Data” selesai.

4. Aplikasi Google Chrome Belum Terupdate

Setiap aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah update biasanya akan membuat aplikasi ini mengalami bug atau error pada ketika dijalankan. 

Biasanya aplikasi yang terupdate akan menerima fitur dan akses yang lebih aman dan cepat dari sebelumnya. 

Aplikasi google chrome yang belum terupdate tentunya akan sulit terbuka, maka agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan lebih cepat maka lakukan update dari google playstore. 

Silakan cek aplikasi google chrome di google playstore kalau tersedia update silakan update ke versi terbaru agar lebih stabil pada dikala akan digunakan.

Caranya : 
  • Silakan buka Google Play Store >> Aplikasi & Game Saya >> Buka "Google Chrome" >> dan tap "UPDATE" untuk melakukan pembaruan.

5. Ruang Penyimpanan Android Full

Ruang penyimpanan android yang sudah penuh atau full merupakan salah satu penyebab dari aplikasi google chrome tidak mampu melakukan update ke versi terbaru. 

Tidak cukupnya ruang penyimpanan ini terjadi karena banyak aplikasi yang terpasang dan dipakai didalam perangkat android. 

Selain adanya aplikasi yang terpasang, ternyata masing-masing aplikasi juga membutuhkan namanya update supaya tidak terjadi error. 


Oleh karena itu siapkan ruang penyimpanan yang cukup supaya aplikasi mampu update ke versi terbaru dan jangan lupa lakukan restart semoga aplikasi berjalan secara normal.

Penutup

Itulah tadi artikel yang berisi info mengenai penyebab dan cara mengatasi google chrome tidak mampu dibuka sama sekali. Semoga isu kali ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang membaca berita ini. Silakan share di media umum kalian masing-masing ya, agar gosip ini lebih bermanfaat lagi tentunya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "√ Cara Mengatasi Masalah Chrome Tidak Terbuka Sama Sekali"